PROSEDUR PELAYANAN RAWAT JALAN YANG BAIK
PROSEDUR PELAYANAN RAWAT JALAN YANG
BAIK
A.
Definisi
Pelayanan rawat jalan (ambulatory) adalah satu
bentuk dari pelayanan kedokteran. Secara sederhana yang dimaksud dengan
pelayanan rawat jalan adalah pelayanan kedokteran yang disediakan untuk pasien
tidak dalam bentuk rawat inap (hospitalization). Pelayanan rawat jalan ini
tidak hanya yang diselenggarakan oleh sarana pelayanan kesehatan yang telah
lazim dikenal rumah sakit atau klinik, tetapi juga yang diselenggarakan di
rumah pasien (home care) serta di rumah perawatan (nursing homes).
B.
Tujuan
Pelayanan Rawat Jalan
Tujuan dari pelayanan rawat jalan adalah
mengupayakan kesembuhan dan pemulihan pasien secara optimal melalui prosedur
dan tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan (Standar Pelayanan Rumah Sakit.
Dirjen Yanmed Depkes RI tahun 1999)
Sedangkan fungsi dari pelayanan rawat jalan adalah
sebagai tempat konsultasi, penyelidikan, pemeriksaan dan pengobatan pasien oleh
dokter ahli di bidang masing- penyembuhannya
atau tidak memerlukan pelayanan perawatan.
C.
Standar
Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit
Berdasarkan
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 129/Menkes/SK II/2008 tentang Standar
Pelayanan Minimal Rumah Sakit, standar minimal rawat jalan adalah sebagai
berikut:
1. Dokter
yang melayani pada poliklinik spesialis harus 100% dokter spesialis.
2. Rumah
sakit setidaknya harus menyediakan pelayanan klinik anak, kllinik penyakit
dalam, klinik kebidanan, dan klinik bedah.
3. Jam
buka pelayanan adalah pukul 08.00-13.00 setiap hari kerja, kecuali hari jumat
pukul 08.00-11.00
4. Waktu
tunggu untuk rawat jalan tidak lebih dari 60 menit.
5. Kepuasan
pelanggan lebih dari 90%.
D.
Jenis-jenis
Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit
Bentuk
pertama dari pelayanan rawat jalan adalah yang diselenggarakan oleh yang ada
kaitannya dengan rumah sakit (hospital based ambulatory care). Jenis pelayanan
rawat jalan di rumah sakit secara umum dapat dibedakan atas 4 macam yaitu:
a. Pelayanan
gawat darurat (emergency services) yakni untuk menangani pasien yang butuh
petolongan segera dan mendadak.
b. Pelayanan
rawat jalan paripurna (comprehensive hospital outpatient services) yakni yang
memberikan pelayanan kesehatan paripurna sesuai dengan kebutuhan pasien.
c. Pelayanan
rujukan (refernal services) yakni hanya melayani pasien-pasien rujukan oleh
sarana kesehatan lain. biasanya untuk diagnosis atau terapi, sedangkan
perawatan selanjutnya tetap ditangani oleh sarana kesehatan yang merujuk.
d. Pelayanan
bedah jalan (ambulatory surgery services) yakni memberikan pelayanan bedah yang
dipulangkan pada hari yang sama.
DAFTAR PUSTAKA
IBAN
UPKP2. 2013. Standar Minimal dalam
Pelayanan Rawat Jalan dan Rawat Inap di Rumah Sakit. Jakarta : Pelayanan
Publik
Pasaribu,Lely
Ferawaty.2015.Pelayanan Rawat Jalan Yang
Baik. Diunduh tanggal 11/04/2016 pukul 5: 41 pm
Sakira,Rara.
2014.Rawat Jalan. Diunduh tanggal
11/04/2016 pukul 5:23 pm
Komentar
Posting Komentar